SENSASI OUTBOND YANG BERBEDA DI PALAWI, BATURADEN

Baturaden, salah satu daerah yang berada di Purwokerto menyimpan potensi alam yang sangat indah, letaknya yang berada di kaki Gunung Slamet menjadi sebuah kawasan yang memiliki keindahan alam yang mampu dijadikan daya tarik wisata. Nama Baturaden tentu saja memiliki cerita sejarah, konon dulu merupakan percintaan antara seorang abdi dengan seorang putri adipati, karena kisah cintanya tidak direstui keduanya melarikan diri lalu menikah dan menetap disebuah desa, konon dari desa inilah kisah ini menjadi sebuah nama Baturaden yang diambil dari kata Batur yang artinya abdi dan keturunan Raden yang menunjukkan keturunan adipati.

Bagi kalangan masyarakat Jawa Tengah beberapa pasti sudah pernah mengunjungi Baturaden, namun bagi saya ini adalah kunjungan yang pertama sejak dari kecil. Cerita-cerita keindahan Baturaden senantiasa saya dapat dari beberapa teman dan kerabat, dan saya membuktikan sendiri betapa indahnya pesona alam di Baturaden.

Tidak banyak tempat di Baturaden yang saya kunjungi, namun ada beberapa tempat yang sangat saya rekomendasikan bagi anda yang suka dengan traveling dan outbond. Salah satu kawasan wisata outbond yang menarik dan wajib untuk dikunjungi adalah di Wana Wisata Palawi, Baturaden . Kita dapat menikmati hamparan keindahan pohon-pohon besar yang hijau, udara yang sejuk ketika pertama masuk ke kawasan tersebut. Sungguh keindahan yang membuat mata saya tidak berkedip menikmati setiap hembusan udara serta pemandangan yang indah. Untuk tarif masuk kita dikenakan biaya Rp.20.000 belum termasuk parkir.

Pintu Masuk Wana Wisata Pallawi
Pintu Masuk Wana Wisata Palawi, Baturaden

Kebetulan hari itu saya datang ke beserta rombongan dari Kota Pekalongan sehingga tiket tidak dibebankan, karena kami membayar sepenuhnya kepada biro tour untuk mengantar dan memberikan pelayanan wisata kepada kami ketika di Baturaden. Oiya, saya juga sangat merekomendasi bagi anda yang ingin menggunakan Jasa Biro Tour, di Baturaden ada beberapa biro yang bisa menjadi mitra perjalanan anda.

Di Palawi banyak berbagai macam wana wisata seperti : Camping Ground, Jungle Trekking, Flying Fox, Outbond, Tubbing, Curug, Kebun Bibit Tanaman, serta beberapa spesies kebun binatang mini.

Berbagai Macam Wisata Ada di Palawi, Baturaden
Berbagai Macam Wisata Ada di Palawi, Baturaden
Kebun Binatang Mini
Kebun Binatang Mini
Flying Fox
Flying Fox
Kebun Bibit Tanaman
Kebun Bibit Tanaman

Sungguh indah bukan wisata di Palawi, kita dapat melihat berbagai macam obyek wisata yang menarik perhatian kita. Namun, tidak hanya keindahan tersebut yang dapat kita nikmati karena di Palawi, Baturaden kita juga dapat melakukan kegiatan Outbond. Kegiatan outbond menjadi sarana bagi kita untuk dapat mengasah kekompakan dan kerjasama kepada teman atau rekan kita. Di Palawi seringkali menjadi sarana bagi sebuah kantor/instansi, akademi/sekolah untuk berkegiatan outbond, disamping memiliki alam yang indah namun juga adanya instruktur yang mampu memberikan motivasi, pelatihan dan semangat dalam setiap kegiatan outbond yang dilaksanakan. Kebetulan saya datang beserta rombongan ke Palawi salah satunya adalah untuk mengikuti kegiatan Outbond. berbagai macam permainan kami lakukan diantaranya adalah :

1. VOLLY AIR

Permainan Volly air
Permainan Volly air

Bermain volly air mengajarkan kekompakan agar dapat bersama-sama menangkap dan melempar balon yang diisi dengan air. Media tangkapnya menggunakan kain, dan kita dituntut untuk dapat bekerjasama dalam melempar atau menangkap bola.

2. TEBAK KATA

Permainan Tebak Kata
Permainan Tebak Kata

Dalam permainan tebak kata, kita dituntut untuk dapat menebak kata dengan dengan bahasa tubuh. Salah satu rekan kita akan bergaya untuk mempresentasikan sebuah kata benda atau kata kerja. Keriangan dan canda tawa begitu terasa karena permainan ini membuat kita mampu tertawa lepas sehingga segala kepenatan dalam pekerjaan bisa kita lupakan sejenak

3. MANDI SALJU

Permainan mandi salju menggambarkan kekompakan kita dalam tim, karena kita diharuskan untuk mengambil tepung dengan tangan lalu dioper kebelakang ke rekan tim tanpa menoleh kebelakang. Alhasil permainan ini membuat kita seakan mandi salju dengan menggunakan tepung. Dalam permainan ini saya tidak dapat mendokumentasikan karena tepung yang harus kita ambil membuat sekujur tubuh bertebaran dengan tepung 🙂 .

4. BAKIAK

Permainan Bakiak
Permainan Bakiak

Permainan ini seringkali dapat kita temui ketika lomba yang dilaksanakan pada hari kemerdekaan. Namun dalam outbond ini dimaksudkan untuk melatih kekompakan dan manajemen waktu, setiap berjalan menggunakan bakiak kita harus saling bersama-sama menyamakan waktu ketika mengambil kaki kanan ataupun kiri untuk melangkah.

5. PAINTBALL

Permainan Paintball
Permainan Paintball

Paintball menjadi kegiatan yang cukup menantang. Kita diharuskan berhadapan dengan regu lain dan saling menembak menggunakan senapan atau dalam paintball istilahnya adalah marker. Kegiatan paintball menjadi sarana kerjasama dan membangun teamwork agar dapat menghadapi segala rintangan atau hambatan bersama.

Tidak dapat dipungkiri bahwa outbond merupakan wisata khusus bagi anda yang disibukkan dengan pekerjaan atau bagi anda yang penat dengan kehidupan perkotaan, karena dengan outbond dapat membangun sebuah teamwork yang baik serta mampu meningkatkan kualitas kerja, mampu menjaga emosi, mampu tertawa lepas, serta yang paling penting adalah kita mampu bekerjasama satu sama lain dengan teman atau rekan kita.

Joged Bersama Para Trainer Outbond
Joged Bersama Para Trainer Outbond

Tentunya dalam kegiatan outbond kita harus didampingi oleh instruktur yang berpengalaman, dan di Baturaden kita dapat dengan mudah mengakses informasi di penginapan atau hotel mengenai biro perjalanan atau outbond training di Baturaden. Di Wana Wisata Palawi kita tidak hanya melakukan outbond namun keindahan alamnya menjadikan sensasi yang luar biasa, berbeda dengan tempat-tempat outbond yang lainnya. Perbedaan itu dapat kita rasakan ketika kita dimanjakan dengan hijaunya pohon-pohon, sejuknya udara, heningnya suara dari hiruk pikuk, serta indahnya kebun-kebun bibit tanaman.

Untuk menuju ke Wana Wisata Palawi dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Kota Purwokerto ke Palawi Baturaden kurang lebih selama 30 menit

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jateng Periode 5 dengan tema “Wisata Minat Khusus”

blog minat khusus

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s